Berdirinya Bumdes Trisabunda


Salah satu tujuan adanya Dana Desa adalah menjadikan Desa Mandiri dengan PADes nya. PADes merupakan wujud kemandirian desa, demi mendukung hal tersebut Desa Plunjaran mendirikan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa), pada tahun 2016 dengan nama BUMDes TRISABUNDA tepatnya pada tanggal 26 September 2016 Desa Plunjaran mendirikannya. Roda Usaha BUMDes Trisabunda tidak sertamerta berjalan dan menghasilkan namun butuh waktu kurang lebih satu tahun dalam menentukan suatu ide usaha sembari menunggu stimulan Dana sebagai MODAL USAHA. Bulan Oktober Tahun 2017 BUMDes Trisabunda mendapatkan aliran modal sebesar Rp. 10.000.000,00 (Sepuluh Juta Rupiah). Muncul ide usaha pertama di Bumdes Trisabunda yaitu sebagai penyedia sparepart kendaraan bermotor roda 2 dan bekerja sama dengan pengelola bengkel lokal desa.

Kenapa harus kerja sama?

Kenapa tidak buka bengkel sendiri?

Ya, prinsip BUMDes Trisabunda tidak menjadi pesaing bagi pelaku usaha lokal desa, melainkan menjadi mitra bagi mereka para pelaku ukm lokal desa demi kemandirian. Desa Mandiri diwujudkan dengan adanya usaha mandiri yang ditopang oleh Desa itu sendiri.

Akhir tahun 2017 BUMDes Trisabunda melaksanakan RAT tahunan, Namun saat itu belum bisa memberikan PADes yang diharapkan dan digadang-gadang ke desa karena keuntungan Usaha saat itu sebesar Rp. 12.500,00 (Dua Belas Ribu Rupiah). Kecil sekali ya keuntunganya hehehe....

Pembaca yang budiman pasti akan berfikiran hal tersebut. Peristiwa tersebut tidak menyurutkan semangat kami dalam membangun BUMDes Trisabunda ini melainkan menjadi pemicu semangat kami dalam mengembangkan dan mencari peluang-peluang usaha baru yang bisa kita kembangkan. Kembali lagi dengan prinsip awal BUMDes dalam menjalankan usaha yaitu " Menjadi Mitra bagi para pelaku usaha lokal ", kami melirik para pelaku UMKM Lokal untuk bekerjasama dengan BUMDes Trisabuna. Kerjasama yang dimaksud disini adalah kerjasama dalam produk-produk yang dihasilkan oleh para pelaku ukm lokal desa. Salah satunya adalah OPAK, melalui modal se-adanya kita mulai membeli produk-produk lokal kemudian kita pasarkan dengan kemasan dan brand dari BUMDes Trisabunda.

Alhamdulillah, dari situ mulai tercurah inspirasi kita untuk menjalankan dan mengembangkan Usaha dari BUMDes ini. Muncul ide untuk membuat media sosial (@bumdes_trisabunda) untuk bumdes dengan tujuan untuk mengenalkan BUMDes Trisabunda ke masyarakat desa yang berada diluar Desa Plunjaran dan sekaligus sebagai media promosi produk-produk lokal. Alhamdulillah hal tersebut sangat membantu penjualan produk BUMDes Trisabunda sudah sampai ke Mancanegara yaitu Hongkong, Taiwan, dan Singapura (bukan maksud sombong lho ya hehehe....). 

Berbicara kemajuan BUMDes tentu tidak lepas dari dukungan Pemerintah Desa dan Pemerintah Negara RI, seperti yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Desa Plunjaran pada Tahun 2018 menggelontorkan modal kembali ke BUMDes Trisabunda sebesar Rp. 20.000.000,00 (Dua Puluh Juta Rupiah). Adanya tambahan modal tersebut, kami selaku pengurus bisa bernafas sedikit lebih lega, kenapa? ya.... karena dengan modal tersebut kita bisa menjalankan berbagai jenis kegiatan usaha dengan harapan bisa memberikan PADes ke Desa tercinta ini. Pada Tahun 2018 beberapa unit usaha yang dijalankan yaitu :

  • Pengadaan Sparepart Kendaraan Bermotor roda dua,
  • Penjualan Produk Lokal (UMKM),
  • Penjualan unit Sepeda Motor,
  • Pengadaan Paralon Irigasi,
  • Penjualan Media Elektronik (Laptop, HP, dll),
  • ATK,
  • Pupuk Pertanian,
  • Konsumsi Rapat,
  • Agen BNI 46, dsb.

Semua unit usaha tersebut tidak sertamerta mendapatkan untung, namun ada saja kalanya usaha BUMDes Trisabunda mengalami kerugian.

Pertanyaan selanjutnya,  Berapakah BUMDes Trisabunda memberikan PADes tahun 2018?.

Pada tahun 2018 BUMDes Trisabunda bisa memberikan banyak PADes ke Desa hanya sekitar Rp. 2.500.000, 00 (Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)/Tahun, sudah meningkat dari tahun sebelumnya. Alhamdulillah 

Bagaimana masih penasarankah dengan cerita kami, ditunggu ya next cerita kami dilain kesempatan...

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca cerita kami

Salam

BUMDesa TRISABUNDA PLUNJARAN

 

 

 


Total Dibaca

Contact Details

Telephone: -
Email:  -
Website: https://plunjaran-wadaslintang.wonosobokab.go.id

Jalan Kebon Tanjung No. 01 Dusun Silulut Desa Plunjaran Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo Propinsi Jawa Tengah Indonesia Kode Pos 56365