Jumat Bersama Balita Difabel


Jumat Bersama Balita Difabel merupakan salah satu program dari kegiatan Ibu PKK sebagai program motivasi terhadap anak kurang beruntung di Desa Plunjaran agar mereka merasakan bagaimana bermain bersama sesama penyandang difabel. Kegiatan ini berawal dari sebuah keluh kesah seorang ibu balita penyandang difabel yang berjuang dengan setia untuk anaknya dan merawatnya dengan penuh kasih sayang. Keadaan tersebut menggugah hati dan perasaan dari para Ibu Penggerak PKK Desa Plunjaran sebagai Empati terhadap Ibu dari Balita tersebut. Akhirnya pendekatan dilakukan oleh Ibu-Ibu PKK dengan cara mendatangi rumah penyandang difabel. Tertanggal 7 Februari 2020 kunjungan pertama di Hari Jumat berada di rumah Ibu Lusi Astuti, Wanita perkasa dan luar biasa yang merawat balitanya bernama SAGA, ya KEYMAS SAGA WARDANA nama lengkapnya yang berusia 8 Tahun. SAGA adalah anak yang lucu dan menggemaskan, namun Allah berkehendak menganugerahkan dia menjadi anak yang menyandang difabel. Setiap harinya hanya bisa terbaring bahkan hanya sekedar duduk-pun tidak sanggup. Setiap hari apapun kebutuhan SAGA selalu diberikan oleh bundanya dengan penuh kasih sayang dan tanpa keluhan demi pelayanan prima. 

Jumat Pertama pada Tanggal 7 Februari 2020 program Jumat Bersama Balita Difabel dimulai dengan memasak dirumah Ibu Lusi Astuti, tidak mewah dan tidak banyak namun hanya sekedar SUP segar yang berserat dan susu serta bubur sebagai ungkapan rasa kasih sayang dan Empati Luar Biasa dari Ibu PKK yang juga merasakan rasa haru dan ikut memotivasi Ibu Lusi untuk selalu semangat dalam merawat buah hatinya. Dengan penuh semangat dan gembira para Ibu pejuang PKK pun menyajikan masakannya yang diperuntukkan kepada SAGA. Pada hari yang sama ternyata diundang juga balita lain penyandang Difabel ke rumah Ibu Lusi, dengan dasar pemikiran balita-balita tersebut dapat bermain bersama, bercanda, dan bercengkerama dengan bahasa tubuh mereka selaku penyandang difabel. Wow.....ini mengharukan sekali, tentu bisa dibayangkan betapa indah dan betapa dahsyat rasa Syukur kami saat itu kepada ALLAH SWT yang telah mengumpulkan dan mempertemukan kami kepada ibu-ibu HEBAT seperti Ibu Lusi Astuti dan Ibu hebat lainnya serta bisa melihat balita-balita lucu yang diberikan "kesempurnaan berbeda" dengan kita.

Artikel ini kami tulis, sebagai bahan renungan kita akan nikmat Allah SWT dan membuka hati kita bersama untuk bisa berbagi rasa dengan para ibu hebat yang memberikan kasih sayangnya kepada anak-anaknya yang hebat pula. Tidak mengurangi rasa hormat dan simpati, Mari kita merenung bersama bagaimana kita akan membantu mereka? minimal berikan ruang mereka untuk bisa hidup lebih layak dan mampu meningkatkan taraf hidup sebagai survivor.

Tidak hanya berhenti di sini, Tim Hebat dari PKK Desa Plunjaran meneruskan perjalanannya dan ditemukan juga teman-teman SAGA yang lain dan akan berlanjut serta berjumpa Jumat pekan depan. InsyaAllah, limpahan rahmatNYA akan selalu tercurah kepada IBUNDA-IBUNDA Hebat dari Balita-Balita HEBAT dan TERUSKAN PERJUANGANMU Ibu PKK Desa Plunjaran.

Salam

 


Total Dibaca

Contact Details

Telephone: -
Email:  -
Website: https://plunjaran-wadaslintang.wonosobokab.go.id

Jalan Kebon Tanjung No. 01 Dusun Silulut Desa Plunjaran Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo Propinsi Jawa Tengah Indonesia Kode Pos 56365